Loading...

29 October 2014

Unknown

Jangan Menunggu Waktu

waktu, sukses, semangat
Kita simak perkataan dari Ibnu Umar :
“Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi, dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore.
Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.”

Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari perkataan Ibnu Umar tersebut, pertama kita harus bersegera dalam beramal, karena sampai kapanpun tidak akan tahu kan kapan ajal menjemput, yang kedua waktu itu akan terus berjalan kedepan dan tidak akan mundur kebelakang jadi kita harus pergunakan waktu yang kita dapatkan dengan sebaik-baiknya, dan jagalah waktu karena dia sering kita lupakan.

Itulah beberapa faedah dari perkataan Ibnu Umar, jika kita berada di pagi hari kemudian menunggu waktu sore hari, maka kita akan banyak berandai andai, sedangan perkataan "seandainya tadi...." merupakan celah yang akan dimanfaatkan syetan dalam mengajak manusia kedalam kesesatan.

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersemangatlah untuk meraih segala hal yang bermanfaat bagimu. Mintalah pertolongan Alloh dan jangan lemah. Apabila engkau tertimpa sesuatu (yang tidak menyenangkan) janganlah berkata, ‘Seandainya aku dulu berbuat begini niscaya akan menjadi begini dan begitu’ Akan tetapi katakanlah, ‘QaddarAllohu wa maa syaa’a fa’ala, Alloh telah mentakdirkan, terserah apa yang diputuskan-Nya’. Karena perkataan seandainya dapat membuka celah perbuatan syaitan.” (HR. Muslim)

Maka dari itu, yuk kita pergunakan waktu, jangan menunggu waktu, sebagai penutup mari kita simak ayat Al Quran dibawah ini

“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. (QS. Al Insyirah: 7)