Posted by : FatahKun 05 Maret 2010



Oleh : Agus Taufik Rahman

Senantiasa tampil cantik dan menawan adalah dambaan setiap insan. Berbagai perawatan dilakukan demi meraih penampilan yang diinginkan. Dari metode tradisional hingga terapi yang paling mutakhir, banyak tersedia untuk mewujudkan impian tersebut. Aktivitas ini tidak hanya dilakukan kaum Hawa. Kaum Adam memiliki kecenderungan yang sama. Fenomena pria metroseksual adalah satu bukti.

Mengejar penampilan jasmani tidak disalahkan dalam agama. Selain merupakan fitrah yang manusiawi, Allah SWT pun menyenangi hambanya yang memerhatikan penampilan karena Ia Mahaindah dan mencintai keindahan.

Hanya saja, penampilan fisik ini bukanlah segala-galanya. Kecantikan fisik bisa memudar seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Maka, ada satu hal yang akan menjaga nilai kecantikan ini agar tidak pernah sirna, yaitu menghidupkan kecantikan rohani yang bersumber dari relung kesalehan hati.

Kecantikan rohani ini akan memancar jika pemiliknya mampu menjaga kebersihan hati dan menghilangkan penyakit-penyakitnya. Betapa besarnya peran dan fungsi hati dalam membentuk kepribadian. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW berujar, ”Ketahuilah di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh perbuatannya. Dan, apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh perbuatannya. Ketahuilah itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim).

Seluruh pikiran, perkataan, dan perbuatan adalah buah akhlak yang dikendalikan oleh hati. Ketika seorang Muslim memahami hakikat hidup di dunia, hatinya akan segera bertindak untuk mempercantik diri dengan akhlak mulia sesuai tuntunan Rasulullah serta mencampakkan tindakan tercela berupa syirik, iri, dengki, dan takabur.

Untuk menghadirkan kecantikan rohani, kaum Muslim tidak perlu merogoh uang saku yang banyak untuk perawatan. Hanya perlu memperbanyak amal saleh dan menjauhi segala bentuk perbuatan maksiat dan menggantinya dengan dzikir pada Allah SWT.

Suatu ketika Ibnu Abbas mengatakan, ”Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rezeki, dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya.”

Apabila kita telah tersadar untuk mempercantik diri secara lahiriah dengan busana dan perawatan tubuh yang sesuai dengan aturan Allah SWT, mari kita sempurnakan dengan mempercantik mata hati kita agar lebih dicintai Allah SWT dan seluruh makhluknya.

sumber : pwk persis

{ 11 komentar... read them below or Comment }

  1. Pertamax,Betul banget boz.Penampilan adalah yg utama tp isi hati lbh utama lagi.OK terimakasih atas pencerahannya boz

    BalasHapus
  2. cantik, ???????

    http://wandhe-go.blogspot.com/2009/10/imut-manis-dan-cantik.html

    BalasHapus
  3. mantap sob, postingan yang bermanfaat. jangan lupa komen balik ya

    BalasHapus
  4. begitulah wanita idaman setiap pria

    BalasHapus
  5. cantik itu musti luar dalam ya

    BalasHapus
  6. iya a bagus buanget blognya.....cantik fisik bukan segala-galanya yang paling penting adalah cantik dalam hati{iner beauty}.....

    BalasHapus
  7. Tidak ada yang kekal didunia ini, cantik diwaktu muda pudar diwaktu tua.

    hanya diakhirat tempat yang kekal .

    Wallahu 'alam

    BalasHapus
  8. Wanita ideal memang yang cantik luar dalam ^_^

    BalasHapus
  9. Wah kalo cantik lair batin dah Jos Tenan itu!!!

    BalasHapus
  10. Cantik ahti dan prilaku emang lebih penting daripada lahiriah nya aja yg cantik...

    BalasHapus
  11. Selain cntik jasmani, cantik rohani juga perlu.

    BalasHapus

Popular Posts

- Copyright © 2013 Islamicnet | Artikel Islami -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -