#RAMADHAN17

Loading...

27 May 2016

Miftahuddin

Warming Up Sebelum Ramadhan

Warming Up Sebelum Ramadhan

Yuk Warming Up Sebelum Ramadhan, Tanpa terasa bulan depan  kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan penuh pahala dan bulan penuh kebaikan.

Bagaimana pun keadaan kita, apakah kita siap atau tidak siap, maka bulan Ramadhan pastilah akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu saja hasilnya akan lebih baik. Berbicara tentang persiapan, apa yang mesti kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Berikut beberapa persiapan yang harus kita persiapkan, yaitu:

1. Persiapan Ruhiyah (keimanan)
Persiapan secara keimanan bisa berupa pengendalian diri untuk tidak melakukan maksiat sebelum memasuki bulan Ramadhan, seperti menjaga pandangan kita, ucapan kita dan lain lain, semoga dengan membiasakan diri dalam kebaikan, makan kita akan mudah dalam  menjalankan segala ibadah di bulan Ramadhan.

2. Persiapan Jasadiyah (Jasmani)
Di bulan Ramadhan, kebaikan yang kita lakukan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan seperti ibadah wajib, dan ibadah wajib akan mendapatkan pahala berlipat-lipat, maka sangat disayangkan jika ketika memasuki nulan ramadhan kita dalam kondisi sakit, oleh sebab itu persiapan jasmani, persiapan kesehatan kita sangat dibutuhkan sebelum bulan Ramadhan tiba.

3. Persiapan Tsaqafiyah (keilmuan)
Rasulullah saw, bersabda:”Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak” (HR. Muslim).
Memahami tata cara ibadah yang benar, membawa kita meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas ibadah tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik, maka ibadahnya akan tertolak atau tidak mendapatkan pahala sama sekali. Persiapan ilmu ini bisa didapat dengan cara membaca atau menghadiri majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan.

4. Persiapan Maaliyah (Harta)
Persiapan harta yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk buka puasa, tetapi adalah untuk sedekah, karena sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran yang berlipat-lipat.

Semoga bulan Ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dengan persiapan yang lebih baik lagi.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. [HR. Al Bukhari 2014 dan Muslim 760]