Loading...

17 December 2015

Unknown

Sukses Tidak Selamanya Harus Cerdas

Sukses Tidak Selamanya Harus Cerdas
ilustrasi
Setiap orang tentu menginginkan kesuksesan. Dan kesuksesan yang mengharapkan pun berbeda-beda. Namun yang pasti, sukses itu berarti menginginkan sesuatu yang lebih, yang dapat menjadikan dirinya sebagai orang yang berbeda dari sebelumnya. Namun, kebanyakan orang berpendapat bahwa orang yang sukses itu hanya dapat diraih oleh orang-orang yang cerdas. Benarkah demikian?

Orang sukses tidak selamanya harus cerdas, walau pun memang kecerdasan itu mempengaruhi. Namun, kecerdasan itu hanya berlaku 20% untuk meraih kesuksesan. Dan 80 %nya ialah orang yang memiliki etika yang baik. Itulah syarat menjadi orang yang sukses menurut Susi Safitri A. Md, mahasiswi FIKOM Universitas Padjajaran (UNPAD).

Jadi, etikalah yang paling mempengaruhi kesuksesan seseorang. Mengapa demikian? Karena dalam lingkungan masyarakat yang dipandang baik ialah mereka yang mampu berbaur dengan lingkungannya secara baik pula. Berawal dari sikap baiknya itu, maka masyarakat akan memadang bahwa kita merupakan orang cerdas, sehingga kita dapat menjadi orang kepercayaan dilingkungan itu.

Namun demikian, bukan berarti kita mengesampingkan kecerdasan, karena walau bagaimana pun orang yang cerdas memiliki tingkat pemahaman beretika yang berbeda. Maka, pendidikan perlu untuk dilakukan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka seseorang akan semakin mengetahui beretika yang baik di lingkungan masyarakat.

Etika yang baik dapat kita raih pula dari pengalaman hidup untuk bersikap baik. Dan dari dunia pendidikan itulah yang dapat kita raih. Tak perlu merasa bahwa kita ini orang yang rendah, sehingga tidak bisa melanjutkan jenjang pendidikan. Kita harus optimis, jikalau kita mempunyai tujuan atau niat yang baik, pasti selalu saja ada jalan untuk meraihnya. Jadi, tetaplah semangat untuk meraih kesuksesan, karena sukses itu hak setiap manusia. [Sumber: islampos]