Loading...

13 December 2015

Unknown

Hebat, Bandung Didaulat Sebagai Kota Kreatif Dunia

Hebat, Bandung Didaulat Sebagai Kota Kreatif Dunia
Gedung Sate (Bandung)
Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) memasukkan Bandung ke dalam daftar kota-kota kreatif di dunia. Melalui program The UNESCO Creative Cities Network, Kota Bandung dinilai untuk kategori Design (disain).

Pengumuman ini disampaikan oleh Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, pada Jumat 11 Desember 2015, di Paris, Prancis. Selain Bandung, Irina Bokova juga mengumumkan 46 kota lainnya dari 33 negara yang masuk dalam UNESCO Creative Cities Network ini.

Kota-kota itu dinyatakan masuk dalam jajaran kota kreatif dalam tujuh bidang. Selain disain ada pula kategori Kerajinan dan Seni Masyarakat, Film, Keahlian Memasak (Gastronomy), Literature, Media Art, dan Musik.

Selain Bandung, kota yang masuk kategori kota kreatif di bidang disain adalah Budapest, Hungaria; Detroit, Amerika Serikat; Kaunas, Lithuania; Puebla, Meksiko; dan Singapore, Singapore.

UNESCO Creative Cities Network diluncurkan pada 2014. Program ini bertujuan untuk mendorong kerjasama internasional antar kota yang berkomitmen berinvestasi di kreativitas sebagai ujung tombak pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. [Sumber: Dream]