Loading...

28 May 2015

Unknown

Matahari di Atas Ka'bah, Saat Betulkan Kiblat

Matahari di Atas Ka'bah, Saat Betulkan Kiblat
Kabah
Hari ini 28 Mei 2015 matahari akan tepat di atas kabah, dalam keadaan tersebut maka umat islam dapat membetulkan arah kiblat di daerahnya masing-masing.

Dilansir dari tempo.co, Kamis (28/5). Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Mukhtar Ali mengatakan, matahari diperkirakan bakal melintas tepat di atas Ka'bah, Kamis, 28 Mei 2015. Peristiwa berdasarkan data astronomi ini diperkirakan terjadi pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke arah Ka’bah," kata Mukhtar Ali dalam pernyataannya seperti yang dilansir oleh laman resmi Kementerian Agama, Rabu siang, 27 Mei 2015.

Menurut Mukhtar, fenomena semacam itu dikenal dengan nama Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk ke arah kiblat, yang menjadi panduan umat muslim untuk mengerjakan salat.

Seiring dengan fenomen alam tersebut, Mukhtar mengatakan, momen-momen inilah yang tepat bagi umat muslim dan pengurus takmir masjid atau musala di seluruh Indonesia untuk memverifikasi kesesuaian arah kiblatnya masing-masing.

Dari informasi yang dikumpulkan Tempo, secara astronomis fenomena matahari melintasi persis di atas Ka'bah terjadi akibat gerakan semu tahunan matahari yang hanya terjadi di daerah dengan lintang antara 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan.

Dalam rentang ini matahari menyinari daerah yang memiliki lintang antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS itu. Matahari melintasi Ka'bah terjadi ketika matahari mencapai titik paling utara dan kembali terjadi ketika matahari menuju ekuator langit dari titik paling utara tersebut.

Posisi matahari tepat di atas Ka'bah terjadi bila deklinasi sang surya sama dengan lintang Ka'bah atau Mekah. Saat itu matahari berkulminasi di atas Ka'bah. Arah terjadinya bayang matahari terhadap suatu benda merupakan arah kiblat di berbagai wilayah di bumi.