Loading...

26 February 2015

Unknown

Nih sedekah yang tidak memberatkan kita, apa itu?

bayi, senyum, sedekah
Semua orang pasti mengetahui hal ini, bahkan semua orang bisa melakukannya, hal yang mudah dan gratis untuk dilakukan. Tetapi dibalik mudah dan gratisnya itu hal ini dihitung sebagai sedekah. Sedekah yang tidak berat, ya, itu adalah tersenyum, kita hanya menarik bibir kita ke kanan 2cm dan ke kiri 2 cm ketika bertemu dengan orang lain, atau ketika berpapasan dengan saudara kita sesama muslim, mudah kan?

Kita sering mengeluh, kita ingin mengeluarkan sedekah tetapi tidak punya uang atau harta untuk disedekahkan, nah kita simak hadits berikut

Rasulullah SAW bersabda bahwa anak keturunan Adam memiliki kewajiban untuk bersedekah setiap harinya sejak matahari mulai terbit. Seorang sahabat yang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan bertanya, "Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apa pun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?"
Rasulullah SAW bersabda, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR Tirmizi dan Abu Dzar).

Tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bersedekah kan? dalam hadits sudah jelas disebutkan, walalupun dengan senyum, kita sudah bersedekah.

Dalam hadis lain disebutkan bahwa senyum itu ibadah, "Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah." (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Salah seorang sahabat, Abdullah bin Harits, pernah menuturkan tentang Rasulullah SAW, "Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah SAW." (HR Tirmidzi).


Mulai sekarang, mari kita biasakan tersenyum kepada orang lain, walaupun yang tidak kita kenal? ya, kenapa tidak? kalau dia muslim, kan saudara kita juga, dengan senyum juga bisa menghilangkan kebencian-kebencian yang tidak perlu ada di antara sesama saudara muslim.

Keep smile and .......