Loading...

28 May 2015

Unknown

Inilah Cara Rasulullah Menasehati Anak Kecil

Inilah Cara Rasulullah Menasehati Anak Kecil
Ilustrasi
Seperti apakah Nabi Muhammad SAW dalam menasehati anak kecil?, dilansir dari islamnyamuslim.com, seperti inilah cara Rasulullah dalam menasehati anak kecil

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, “Rasulullah meneriman suatu hadiah berupa baghal dari Raja Kisra. Beliau menungganginya dengan sutas tali, lalu beliau menaikkanku di belakangnya dan kami pun berjalan bersama. Beliau menoleh kepadaku seraya berkata, ‘Wahai anakku!’

Aku menjawab, “Ya, wahai Rasullullah” beliau bersabda, “Ingatlah Allah dan Allah akan melindungimu!”

Diriwayatkan dari Umar bin Abu Salamah r.a, ia berkata, “Saat aku masih kecil, aku bermain di rumah Rasulullah. Tanganku pada saat itu berbuat tanpa aturan ketika hendak makan. Lalu, Rasulullah berkata kepadaku, ‘Wahai anak muda. Sebutlah nama Allah, makan dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang cocok denganmu.’ Pada saat itu, cara makanku masih seperti dahulu (yakni tidak sesuai dengan aturan yang dianjurkan Rasulullah)”(HR Bukhari)

Umar bin Abu Salamah r.a juga meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Mendekatlah wahai anakku! Sebutlah nama Allah, makan dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang dekat denganmu!” (HR Abu Daud)

Diriwayatkan dari Anas r.a, ia berkata, “Seorang anak Yahudi membantu Rasulullah. Pada suatu saat anak itu jatuh sakit. Lalu, Rasulullah menjenguknya. Rasulullah duduk selaras dengan  kepala anak yang sedang berbaring itu dan berkata kepadanya, ‘Masuk Islamlah!’”

Sang anak menoleh kapada ayahnya yang saat itu sedang bersamanya. Sang ayah berkata kepadanya, “Patuhilah nasihat itu, wahai anakku!”

Anak tersebut pun masuk islam. Kemudian Rasulullah keluar dari ruangan tersebut seraya berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkannya dari api neraka” (HR Bukhari)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, “Aku berada di belakang Rasulullah, lalu beliau bersabda, ‘Wahai anakku, aku akan mengajarimu kata-kata yang bermanfaat untukmu: Ingatlah Allah maka kelak Allah akan melindungimu. Ingatlah Allah maka kelak Allah ada di pihakmu. Jika kamu meminta sesuatu, mintalah kepada Allah. Jika kau meminta pertolongan, mintalah pertolongan itu kepada Allah. Ketahuilah, walaupun seluruh umat itu bersatu untuk memberi manfaat kepadamu, mereka tidak akan mampu melakukannya. Sesungguhnya Allah telah menetapkan segala sesuatu untukmu. Walaupun, mereka tidak akan mampu melakukannya. Sesungguhnya Allah telah menetapkan segala sesuatu untukmu. Pena telah terangkat dan tulisan telah mongering. Tiada ketetapan selain ketetapan-Nya.’” (HR Tumudzi, dia berkata “Hadis ini hasan sahih”)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, “Rasulullah berkata kepadaku, ‘Wahai anakku, jika aku mampu menyambut pagi dan soremu dengan hati yang bersih dari niat curang kepada seseorang, lakukanlah!’ Rasulullah melanjutkan ucapannya kepadaku, ‘Hal itu merupakan sunnahku. Barangsiapa yang menghidupkannya maka itulah bukti kecintaannya kepadaku dan barangsiapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di surga.’” (HR Turmudzi)