07 Agustus 2010

Optimalisasi persiapan Ramadhan

Categories: ,

ramadhan
Beberapa hari lagi Ramadhan hadir menjumpai kita semua. Setiap tahun datang menuntun kita untuk meraih "gelar" taqwa. Namun tak setiap orang dapat meraih gelar ketaqwaan tersebut kadang hanya terlewat begitu saja, hanya sebatas rutinitas tahunan belaka. Hanya insan-insan tertentu yang mendapat keberuntungan dibulan Ramadhan. Mereka yang berhasil, yakni orang-orang yang pro-aktif (melakukan pengejaran) terhadap Ramadhan. Oleh karena itu kita perlu mengoptimalkan persiapan menyambut Ramadhan, diantaranya :

1. Persiapan Ma'nawiyah (moralitas)
Dengan mempersiapkan moralitas adalah menyambut dengan hati gembira bahwasanya Ramadhan datang sebagai bulan untuk mendekatkan diri pada Allah Swt. Maknawiyah yang siap akan memandang Ramadhan bukan sebagai bulan penuh beban melainkan bulan untuk meningkatkan kualitas ubudiyah dan meraih derajat tertinggi di sisi Allah Swt.

2. Persiapan Fikriyah (ilmu)
Untuk dapat meraih amalan di bulan Ramadhan secara optimal maka diperlukan pemahaman mendalam mengenai fiqh shaum. Persiapan fikriyah tidak kalah penting bagi seorang muslim untuk mendapatkannya. Dengan pemahaman (fiqh) shaum yang baik akan memahami dengan benar mana perbuatan yang dapat merusak nilai shaum dan mana perbuatan yang dapat meningkatkan nilai dan kualitas shaumnya.

3. Persiapan Jasadiyah
Tidak dapat dipungkiri bahwa aktifitas Ramadhan banyak memerlukan kekuatan fisik; untuk shaum, tarawih, tilawah dan aktifitas ibadah lainnya. Kondisi fisik yang baik dapat melakukan ibadah secara maksimal dan bila kondisi fisik tidak prima terbuka peluang untuk terlewatkan begitu saja. Padahal nilai amaliyah Ramadhan tidak dapat tergantikan pada bulan yang lain.

4. Persiapan Maaliyah (harta)
Persiapan maaliyah ini bukanlah untuk membeli pakaian baru atau bekal perjalanan pulang kampung. Akan tetapi untuk infaq, shadaqah dan zakat. Sebab nilai balasan infaq, shadaqah dan zakat akan dilipat gandakan sebagaimana kehendak Allah Swt. Karenanya mempersiapkan maaliyah ini dilakukan sedini mungkin agar dapat dimenej dengan sebaik-baiknya.

Persiapan-persiapan tersebut untuk mendapatkan buah Ramadhan yang mahal dan dapat melakukan amaliyahnya secara optimal dan maksimal. Sehingga bukan saja merasa senang dan gembira dengan datangnya Ramadhan akan tetapi memang sudah dipersiapkan sematang mungkin untuk berlomba-lomba dalam aktifitas kebajikan.

Demikianlah optimalisasi persiapan menghadapi bulan Ramadhan. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang dapat mencapai tujuan Ramadhan seperti yang termaktub dalam Alquran (Qs. Albaqarah [2]:183-187); Agar menjadi pribadi yang bertaqwa, berilmu, pandai bersyukur, dan selalu dalam kebenaran.



+ komentar + 4 komentar

7 Agustus 2010 07.25

UDAH SIAPSEMUANYA

Terimakasih Ka Damar atas Komentarnya di Optimalisasi persiapan Ramadhan
7 Agustus 2010 07.31

siap lahir batin sob

Terimakasih cak nun atas Komentarnya di Optimalisasi persiapan Ramadhan

q jg siap lahir batin

Terimakasih Information ,Technology Bisnis On-Line atas Komentarnya di Optimalisasi persiapan Ramadhan
7 Agustus 2010 18.30

Marhaban yah Ramadhan..!! Selamat memasuki bulan suci yang penuh berkah ini :)

Terimakasih Mohamad Rufli atas Komentarnya di Optimalisasi persiapan Ramadhan

Bagaimana pendapat anda dengan artikel Optimalisasi persiapan Ramadhan