23 Mei 2010

Jangan cepat menyerah

Categories:

kuat
Pada tahun 1950-an Kolonel Sanders (pendiri KFC, Kentuky Fried Chiken) mulai mengendarai mobilnya dari kota ke kota untuk memulai bisnis KFC, dengan cara menawarkan resep rahasianya dari satu restoran ke restoran lain. Kadang dia tidur di dalam mobil dan memakan ayam buatannya sendiri untuk bisa bertahan. Dia baru dapat mencapai tujuannya setelah bertemu dengan orang yang ke-1010. Orang tersebut berpikir  ayam Kolonel tersebut cukup bagus untuk di jual ke publik.

Contoh lainnya Thomas Alfa Edison yang mengalami kegagalan sebanyak 9000 kali sebelum akhirnya ia menemukan bola lampu. Dia tidak menyesal dengan kegagalan-kegagalannya, bahkan ia berkata beruntung menemukan 8999 cara yang salah dalam membuat bola lampu. Kemudian ia dapat membuat 1093 paten, orang yang paling banyak memegang paten dalam sejarah Amerika.

Bagaimana dengan Michael Jordan? Dia sendiri bisa menjadi pemain yang sangat hebat karena terus menerus berlatih setiap hari, sehingga namanya dikemudian hari terkenal di dunia sebagai seorang pemain basket tak terkalahkan. Pada dasarnya ia tak pernah berhenti dan putus asa untuk terus berlatih.

Sebenarnya masih banyak kisah-kisah yang menggambarkan bahwa ketekunan dan kesabaran akan mengantarkan seseorang pada keberhasilan. Apakah ada karakter lain yang lebih penting untuk mencapai sukses, selain ketekunan dan kesabaran? Sangat pantas jika ketekunan dan kesabaran merupakan suatu rahasia kesuksesan. Begitu pula pada zaman Rasulullah mengalami peperangan, bahwa kesabaranlah menjadi sumber kekuatan untuk dapat melawan musuh, jihad dan sabar tak akan pernah terpisahkan.

Sabar merupakan ajaran Islam, yang dengan kesabaran tersebut umat Islam dapat meraih kesuksesan. Namun pada kenyataannya banyak umat Islam masih belum meraih kesuksesan, karena mereka belum bisa melaksanakan kesabaran atau mereka salah mengaplikasikan kesabaran tersebut.

Banyak orang yang menganggap kesabaran itu adalah diam, menerima apa adanya, tidak mau berusaha. Padahal bukan itu, kesabaran adalah tetap di jalur-Nya. Apabila dia berusaha maka akan melakukannya terus menerus, tidak pernah berhenti dan tidak pernah mundur, itulah yang namanya kesabaran. Bagaimana orang bisa menang dalam jihad dan perang, jika diartikan bahwa kesabaran itu diam. Pada kenyataannya pasukan Rasulullah dalam jumlah yang sedikit dapat menang, berkat kesabaran bala tentaranya. Maka wajarlah bila dalam Quran sering disebutkan kata sabar bersamaan dengan jihad.

Ketekunan ialah modal utama untuk sukses, ketekunan merupakan prinsip yang paling penting yang perlu kita pahami jika kita ingin sukses. Tahukah Anda siapa orang yang paling tekun? Napoleon Hill, dalam bukunya Think and Grow Hill memuji Nabi Muhammad sebagai orang yang memiliki ketekunan yang luar biasa.

Ketekunan dan kesabaran jika digabungkan menjadi modal yang sangat besar untuk meraih sukses. Kabar baiknya, kedua sikap ini bisa kita pelajari dan bisa kita latih. Jangan cepat menyerah. Jika kegagalan menghampiri bukan berarti kita harus menyerah, cari jalan lain, kemudian kerjakan lagi. Sekali lagi jangan cepat menyerah.***

Assaha/motivasi-islami.com



+ komentar + 1 komentar

WANITA YG DIDUAKAN!!
1 Juni 2010 11.06

Betul..betul..betul..kita jgn cepat menyerah!teruslah berusaha!!
Allahu akbar!!

Terimakasih WANITA YG DIDUAKAN!! atas Komentarnya di Jangan cepat menyerah

Bagaimana pendapat anda dengan artikel Jangan cepat menyerah