Loading...

16 March 2010

FatahKun

2012 Kiamat?


Setahun lebih isu ini beredar. Namun hingga kini isu bahwa kiamat akan terjadi tahun 2012 makin memanas. Sebagian mendasarkan kepercayaan mereka pada kalender yang dibuat oleh suku Maya, sebagian lagi mengikuti wejangan paranormal. Tukang ramal Indonesia, Mama lauren pun sempat angkat bicara di transTV bahwa paranormal tidak bisa menembus tahun 2013 dan hanya mentok di tahun 2012.

Dahulu diisukan kiamat bakal terjadi tanggal 19-9-1990, lalu 9-9-1999. Berikutnya tanggal 1-1-2000. Namun semua prediksi dengan angka cantik ini meleset. Kali ini, dipilihlah angka 21-12-2012 sebagai ramalan kiamat. Entah, angka berapa lagi yang akan dipilih para dukun setelah ramalan itu meleset.

Sejak dahulu, manusia sering bertanya, seperti yang ditunjukan banyak ayat,

"Mereka bertanya tentang hari kiamat, kapan terjadinya." (QS. Al-A'raf : 187), juga surat Al-Ahzab : 63 yang artinya,

"Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya."

Dan surat An-Nazi'at : 42-44

"(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya?. Siapakah kamu (sehingga) dapat menyebutkan (waktunya)? Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya)."

Namun ayat turun tidak memberikan jawaban definitif, "Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia...(QS. Al-A'raf : 187)

Rasulullah SAW pernah ditanya oleh malaikat Jibril yang datang dalam wujud manusia, "kabarkan kepadaku tentang kiamat!". Beliau menjawab, "orang yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika Rasulullah SAW dan Jibril tidak mengetahui, lantas bagaimana mungkin ada orang lain yang mengetahui perkara gaib ini? Hanya orang lancang yang berani yang mengklaim mengetahui hari H-nya. Kurang kerjaan juga mereka yang memaksakan diri mencari kepastian harinya. Seakan dia tidak puas dengan jawaban Allah dan Rasul-Nya, lalu takalluf (memaksakan diri) dalam hal yang ia tidak dibebankan atas hal itu. Akhirnya, hasilnya pun "berkata tanpa ilmu".

Syaikhul Islam Ibnu Taimiya berkata, "Siapa saja yang menyibukan diri memprediksikan terjadinya kiamat pada tahun tertentu ; semisal yang menulis kitab "Ad Durru Al Munazhzham Fii Ma'rifati Al 'Azham, atau orang-orang lain yang melakukan prediksi serupa, meski dianggap heboh oleh pengikutnya, namun hakikatnya mayoritas mereka adalah pendusta, tertipu dan telah terbukti bahwa mereka hanya berbicara tanpa dasar ilmu." (Majmu 'Fatawa 4/432)

DR. Umar Sulaiman Al Asyqar dalam kitabnya al-Qiyamatush Shugra mengatakan, "seandainya membicarakan kapan terjadinya kiamat adalah suatu kebaikan untuk manusia, tentu Allah ta'ala akan memberitahukannya kepada mereka. Akan tetapi, Allah sendiri tidak memberitahukan hal tersebut. Maka inilah yang terbaik bagi mereka."

Seandainya manusia diberitahu kepastian tanggalnya, tentu orang-orang akan menunda taubatnya hingga dekat dengan datangnya kiamat. Yang pasti, kiamat tidak mungkin terjadi tahun 2012. Karena Nabi bercerita tentang turunnya Isa di akhir zaman, 

فَيَمكُثُ اَربَعِينَ سَنَةً ثُمَّ يُتَوَفَى وَيُصَلِّى عَلَيهِ المُسلِمُون

"(Nabi Isa) tinggal dimuka bumi selama 40 tahun kemudian meninggal dan di shalatkan oleh kaum muslimin." (HR. Ahmad, sanadnya Shohih).

Sudahkah Isa turun? mungkinkah kiamat terjadi tahun 2012?

Wallahu 'Alam Bishawab