#RAMADHAN17

Loading...

03 January 2010

FatahKun

Mensyukuri Nikmat




Bismillahirrahmaanirrahiim

Kita sebagai manusia tidak akan pernah terlepas dari nikmat yang diberkan Allah SWT, oleh sebab itu kita patut bersyukur kepadanya atas nikmat yang telah diberikan kepada kita, misalnya saja kita bisa bernafas, kita bisa menghirup udara. Allah memberikan kepada kita dengan percuma, gratis. Coba kita pikirkan bagaimana jadinya kalau Allah menunutut bayaran kepada kita kalau kita ingin bernapas, kita pasti kerepotan, Allah masih Ar Rahmaan Ar Rahiim kepada kita, kita masih diberikan kenikmatan bernapas.

Coba kita lihat banyak orang yang berada di rumah sakit sulit untuk bernapas, mereka bayar membeli tabung oksigen karena hanya ingin benapas, walaupun berjuta-juta harganya.

Alhamdulillah kita semua masih diberikan sebuah kenikmatan yang besar dari Allah, kita masih bisa bernapas dengan baik. apalagi masih banyak kenikmatan yang lain yang Allah berikan yang tidak mungkin terhitung.

Oleh sebab itu, kita harus banyak-banyak bersyukur kepada Allah atas nikmatnya. Tetapi, masih banyak orang yang tidak bersyukur, jadi bagaimana caranya orang bisa bersyukur, salah satunya yaitu seperti yang disebutkan dalam hadits :


وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ, وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ, فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اَللَّهِ عَلَيْكُمْ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Lihatlah orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu karena hal itu lebih patut agar engkau sekalian tak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu." Muttafaq Alaihi.

Dalam hadits di atas jelas kita itu harus melihat ke bawah jangan melihat ke atas, maksudnya adalah kita harus melihat orang yang berada di bawah, masih banyak orang yang masih dibawah kita, mereka kesusahan, dengan kita melihat mereka pasti kita akan banyak-banyak besyukur dan tidak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.