Posted by : FatahKun 24 Januari 2010




Amanah adalah terpercaya, maksudnya sifat jujur yang berkaitan dengan perkataan seseorang, perwujudan sifat ini tercangkup dalam menepati janji, maksudnya menanamkan sifat jujur pada diri sendiri ketika mendapat amanat dari dan untuk disampaikan kepada orang lain. Dengan kata lain bersifat amanat berarti tepercaya ketika mendapat kepercayaan dari orang lain. Amanah berkaitan erat dengan sifat shidiq, sifat ini menjadi kunci kehidupan yang aman dan tentram, dan amanah ini juga termasuj sifat wajib bagi Rasul, maka kita sebagai pengikutnya harus mencontoh sifat ini. Dan sifat amanah disebutkan dalam al quran termasuk kedalam tujuh buah sifat yang menjadikan orang orang mu'min sukses. Firman Allah

"Sesungguhnya beruntunglah orang orang yang beriman (yaitu) orang orang yang khusyu dalam sholatnya dan orang orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna dan orang orang yang menunaikan zakat dan orang orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap isteri isteri mereka atau budak yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela barang siapa mencari yang dibalik itu maka mereka itulah orang orang yang melampaui batas dan orang orang yang memelihara amanat amanat (yang dipikulnya) dan janjinya dan orang orang yang memelihara sholatnya mereka itulah orang orang yang akan mewarisi (ya'ni) yang akan mewarisi sirga firdaus mereka kekal didalamnya (QS. Al Mu'minun : 1-11)


dan adapun dalil lain tentang amanah, Allah berfirman :


"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. An Nisa : 58)




"Tunaikanlah amanah kepada orang yang beramanah kepadamu dan janganlah engkau berkhianat kepada orang yang berkhianat keadapamu" (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)


jadi jelas bahwa Allah menyuruh kepada manusia untuk memiliki sifat amanah, karena kalau orang orang tidak memiliki sifat amanah maka bumi ini akan hancur, maksudnya apabila sifat tersebut tidak ada pada diri kita maka manusia sifatnya akan hancur, misalkan korupsi, dan bumi adalah amanah dari Allah akan hancur atau rusak karena manusia yang tidak mempunyai sifat amanah, misalkan semena mena menebang hutan.

di dalam hadits di atas disebutkan bahwa kita harus menyampaikan amanah yang kita pegang, dan apabila kita dikhianati oleh orang lain maka kita jangan balik mengkhianatinya karena kalau kita tidak ingin dikhianati maka kita tidak boleh mengkhianati orang lain.

jadi kesimpulanya adalah kita sebagai kholifah harus mempunyai sifat amanah karena kalau tidak mempunyai sifat amanah maka bumi ini akan cepat rusak.

Sifat amanah adalaha termasuk sifat para nabi maka kita sebagai pengikutnya harus mempunyai sifat tersebut.

Dan sifat amanah yang disebutkan dalam surat Al Mu'minun ayat 1-11 termasuk kedalam tujuh buah sifat yang menjadikan orang mu'min sukses.

jadi sifat amanah menjadi kunci kesuksesan orang dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Adapun hikmah amanah yaitu :
  1. Menjadikan hati tenang
  2. Segala usahanya akan diberkahi Allah

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. jika amanah telah dilalaikan.. jika permasalahan diserahkan kepada selain ahlinya.. maka tunggulah kehancuran..

    BalasHapus
  2. yang berat adalah amanah. yang sulit adalah memaafkan,, yang indah adalah silaturahmi yang terjaga.

    memang amanah adalah berat. maka dari itu Allah senantiasa menekankan dibanyak ayat.

    BalasHapus
  3. palinhsusha nich menjaga amanah

    BalasHapus
  4. manusia adalah makhluk yg berani menrima amanah, karena sebelumnya malaikat, langit dan bumi nmenolak mentah-mentah amanah, tp ketika ditawarkan kepada manusia, manusia langsung menerima amanah ini... maka manusia yg dapat menjaga dan menjalankan amanah, Insyaallah posisinya menjadi orang yang dekat dengan Allah, amiin

    BalasHapus

Popular Posts

- Copyright © 2013 Islamicnet | Artikel Islami -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -