Loading...

28 January 2010

FatahKun

10 Penghalang Hidayah



Alhamdulillah hari ini saya mendapatkan ilmu lagi, sekarang saya mau membaginya dengan kalian, dibaca dan dipahami ya


ada 10 penghalang hidayah yaitu :


1. Lemahnya ilmu

Orang akan terhalang mendapatkan hidayah karena disebabkan lemahnya ilmu yang dia miliki, oleh sebab itu kita diwajibkan untuk mencari ilmu.

2. Tidak mau mengamalkan ilmunya

Ini juga termasuk penghalang mendapatkan hidayah, apabila kita sudah mencari ilmu, terus mempunyai ilmu, maka amalakanlah dengan cara mengajarkan lagi kepada orang lain, minimal kepada keluarga

3. Hasud dan Sombong

Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al Baqarah : 109)

4. Takut Kehilangan Jabatan

Dan mereka berkata: "Apakah (patut) kita percaya kepada dua orang manusia seperti kita (juga), padahal kaum mereka (Bani Israel) adalah orang-orang yang menghambakan diri kepada kita?" (QS. Al Mukminuun : 47)

5. Mengutamakan Hawa Nafsu

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya, dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (QS. Al Jatsiyah : 23)

6. Lebih Mengutamakan Keluarga dan Kerabatnya

Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik. (QS. At Taubah : 24)

7. Fanatisme Kesukuan dan Kebangsaan

Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahanam, dan Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali, (QS. An Nisa : 97)

8. Takut Meninggalkan Adat Nenek Moyangnya

Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rasul". Mereka menjawab: "Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya". Dan apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk? (QS. Al Maidah : 104)

9. Enggan Mengikuti Islam Karena Telah Dianut Oleh Musuhnya

10. Lebih Mengutamakan Sahabat dan Teman

Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang dzalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: "Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul." Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab (ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Qur'an ketika Al Qur'an itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia. (QS. Al Furqan : 27 - 29)



Pertanyaannya apakah kita termasuk didalamnya???

Mari kita sama-sama mencari hidayah Allah SWT. Hidayah tidak akan turun kepada orang yang diam saja, hidayah turun kepada orang yang berusaha mencarinya.